Uncategorized

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

 Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan? Beda banget gak, ya dengan SMA ?. Seenak zaman SMA atau justru gue akan lebih happy ya?”.

Itulah salah satu hal yang terkadang dipikirkan oleh kamu yang kini sudah berada di kelas 12 SMA. Pastinya sudah tak lama lagi akan berganti status menjadi seorang mahasiswa. Menjadi mahasiswa tentunya beda dengan SMA. Dari katanya aja udah ketauan : “maha” yang berarti besar. Bisa dikatakan kamu akan menjadi seseorang yang besar , yang memiliki visi kuat, dan memiliki tujuan kedepannya.

Jadi, seperti apa sih bedanya dunia SMA dan Kuliah ?. Berikut ulasan singkat dari kami

 

Kamu Wajib Sadar Sendiri Kalau Belum Menyelesaikan Tugas

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan? . Tugas Kuliah by Gaul.id

Saat zaman SMA disaat kamu belum mengumpulkan tugas,atau ada tugas yang kamu harus remedial alias ulang karena nilai belum memenuhi standar guru akan rajin memanggil namamu atau menanyakan manakah tugas itu. Jangan harap di dunia perkuliahan kamu akan diperhatikan selayaknya dulu berpakaian putih abu-abu.

Baca juga : Penting Dilakukan untuk Kamu yang Sudah Kelas 12 SMA !

Kalau belum mengerjakan tugas, dosen tidak akan meneriakkan namamu berkali-kali di kelas. Kamulah yang harus mandiri dan sadar untuk segera menyerahkan kewajiban tersebut. Gimana kalau nanti kita nggak kumpulin tugasnya, kak ?. Well, siap-siap aja di akhir semester kamu nanti akan menemukan nilaimu jelek. Sepengalaman kami, kalau di Universitas Indonesia sendiri, bobot tugas itu bisa sampai 10-20% dari total nilai. Memang tidak besar, tetapi akan sangat membantu kamu kalau di ujian kamu nilainya jeblok.

Dosen hanya akan memfasilitasi kamu untuk mendapat pendidikan yang terbaik dan membangun nuansa belajar yang kondusif. Kamu dipersilakan (bahkan dituntut) untuk aktif mencari materi tambahan diluar apa yang diajarkannya.

 

Baju Bebas, Bye Seragam!

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Anak kuliah by Hipwee

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?. Kamu tidak akan lagi memiliki jadwal pasti setiap harinya harus memakai pakaian apa. Kamu boleh pakai baju sesuai style kamu, namun tetap mematuhi peraturan dan norma yang ada ya.

Setiap universitas dan fakultas memiliki budayanya sendiri terkait apa yang biasa dikenakan dan yang tidak boleh. Contohnya, mayoritas anak-anak FISIP akan lebih “sans” dalam berpakaian asal masih sopan. Dosen tidak akan terlalu memusingkan pakaian dari para mahasiswanya kalau di FISIP. Berbeda halnya dengan FH yang memiliki kultur untuk mahasiswanya mengenakan pakaian berkerah dan pastinya sepatu tertutup. Hal itu tidak lain untuk memupuk jiwa sejak dini agar saat bekerja di ranah hukum sudah terbiasa rapi. Kamu bisa lihat kan bagaimana seorang pengacara atau notaris saat bekerja. ?

Di bangku kuliah ini kamu bisa pintar-pintar mencocokan atasan dan bawahan mana yang matching dan eye catching sesuai kegiatan apa saja yang akan kamu lakukan.

 

Banyak Waktu Kosong pada Jeda Kuliah

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan.? Saat SMA, waktu belajarmu adalah pasti dengan durasi kira-kira 8 jam penuh kamu berada di area sekolah dari Senin-Jum’at. Berbeda dengan perkuliahan, setiap harinya belum tentu kamu akan 8 jam kuliah. Jam antar mata kuliah pun bisa jadi tidak beruntun alias ada waktu kosong beberapa jam.

Waktu kosong itu jangan kamu sia-siakan begitu aja guys kayak bengong aja. Duh, sayang banget! Please be a productive person!

Yang punya tugas, sok mari dicicil supaya nggak panik saat H-1 deadline. Kamu juga bisa menambah wawasan dengan membaca buku baik fiksi maupun non fiksi atau sekedar mengecek headline news apa hari ini. Untuk yang suka berorganisasi, kamu bisa membuat rapat kecil jika ada berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam menyelenggarakan suatu event. Bisa juga kamu update ada perlombaan apa yang sedang dibuka pendaftarannya sehingga kamu bisa berpartisipasi.

Intinya, jangan gabut ketika jadi mahasiswa. Sayang waktumu, guys. 

 

Lebih Banyak Wadah Pengembangan Diri !

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

UKM Madah Bahana UI. Sumber : Youtube Madah Bahana UI

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?. Dengan banyaknya waktu kosong yang kamu punya, kamu bisa mengembangkan dirimu lebih jauh lagi. Kamu punya minat olahraga ? seni ? atau akademis ? Tenang saja. Kampus kamu siap menjadi wadah untuk “melampiaskan” minatmu.

Tersedia bermacam-macam UKM yakni Unit Kegiatan Mahasiswa yang siap menjadi wadah kamu mengembangkan kemampuan, keterampilan, serta bakat yang ada di dirimu. UKM kalau di zaman SMA bisa dikatakan sebagai ekstrakulikuler. Namun kalau di kampus, jumlahnya berkali-kali lipat banyak dan pastinya lebih beragam.

Yang suka olah raga tenang saja, banyak pilihannya guys contohnya sepakbola, volley, sampai berkuda !. Mau mengasah kemampuan berkomunikasi dua arah yang lugas dan to the point?, kamu bisa bergabung ke UKM debat. Yang suka dunia seni juga jangan khawatir. UKM seni rupa, tari, dan musik siap menerima kamu menjadi salah satu bagian keluarga mereka.

Setiap fakultas juga memiliki badan pengembangan mahasiswa atau bisa kita kenal sebagai Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Dengan masuk ke BEM, kamu bisa belajar bagaimana caranya memanajemen waktumu dengan baik sembari berkuliah. Plus kamu juga bisa berlatih public speaking kamu karena kamu akan bekerja sama dengan orang yang berbeda. Jadinya, jangan sampai kamu lupa sama perkembangan dirimu ya, guys 

 

Bacaan Berbahasa Inggris = Makanan Sehari-Hari

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?.

Gambar : Speaking English by Udemy

Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?.

Buat yang benci, anti, bahkan bisa sakit kalau jumpa bacaan berbahasa Inggris, hayo segeralah kau bertobat nak :p.

Setiap hari, nyaris kamu tidak akan tidak pernah berjumpa artikel/bahan materi kuliah/presentasi yang berbahasa Inggris. Sebagai bahasa internasional, sudah sewajarnya bahasa Inggris memang digunakan oleh seluruh pihak di seluruh dunia dalam bertukar informasi atau menyebarluaskan sebuah pengetahuan. Maka dari itu jangan kaget lagi ya jika literatur yang diminta oleh dosenmu adalah yang berbahasa Inggris.

Untuk yang merasa masih pas-pasan memahami bahasa Inggris, cobalah latih bahasa Inggris kamu dengan berbagai cara. Misalnya, kamu bisa menonton video di youtube yang memakai subtitle untuk melatih conversation kamu. Cara lain yang biasa dipakai mahasiswa adalah lebih banyak me-review materi kuliah yang diberikan. Dari situ, sepengalaman salah satu tim dari Privat Masuk PTN, kamu sedikit demi sedikit akan terbiasa menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Kemampuan berbahasa Inggris yang baik tidak hanya bermanfaat selama masa perkuliahan aja guys. Pas kerja , kalau kamu sudah cas cis cus English, kamu sendiri yang akan senang. Ingat loh kita sudah masuk ke era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dimana persaingan antara negara se-Asia Tenggara semakin sengit khususnya di dunia pekerjaan nantinya.

Dari paparan di atas, sudah jelas dong Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?. Yang jelas, jangan sampai kamu jadi mahasiswa kupu-kupu (kuliah-pulang-kuliah-pulang) ya, guys. Percaya deh sama kita. Waktu yang akan kamu habiskan nanti selama empat tahun di kampus nggak akan kerasa loh. Nanti tiba-tiba wisuda aja. hehehe

 

Yuk persiapkan diri kamu dari sekarang sebelum kamu memasukin kampus impianmu. Privat Masuk PTN memiliki program persiapan untuk menghadapi ujian masuk PTN mulai dari SBMPTN, SIMAK UI, UTUL UGM, dan ujian mandiri lainnya. Pastikan kamu dibimbing dengan komprehensif dengan tutor terbaik agar target belajarmu menjadi tercapai. Hubungi kami disini untuk informasi lebih lanjut.

One thought on “Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *