Uncategorized

Ingin diterima di Universitas Indonesia (UI) ? Kenali dulu kampus dan cara masuknya !

Ingin diterima di Universitas Indonesia? Kenali kampus dan cara masuknya

Ingin diterima di Universitas Indonesia? Kenali kampus dan cara masuknya

 

Siapa yang nggak tahu dengan Universitas Indonesia (UI) ?

Semua orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti familiar dengan kampus kuning ini.

Bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek, tentunya tidak asing dengan universitas yang pernah menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Bahkan menurut QS University Rankings tahun 2018, Universitas Indonesia menduduki peringkat 54 se-Asia dan peringkat 277 dunia , yang mana pencapaian ini membuat Universitas Indonesia menduduki posisi puncak sebagai universitas terbaik di Indonesia.

Tentunya akan sangat membanggakan apabila kita bisa berkuliah di kampus terbaik di Indonesia tersebut.

Tapi, sebelum kita berkuliah di kampus kuning ini, kita harus tahu dengan asal-usul kampus ini, guys.

 

Sebelum menjadi sebuah Universitas yang memiliki banyak program studi pilihan baik rumpun sosial humaniora, ilmu kesehatan, sains-teknologi dan program vokasi, UI berdiri pada tahun 1849 sebagai Sekolah Pendidikan Dokter Hindia atau dikenal dengan sebutan STOVIA. Di STOVIA lah, cikal bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia bermula.

STOVIA kemudian mulai resmi berkembang menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1950 dan kini di Universitas Indonesia (UI) sendiri terdapat berbagai fakultas yang tidak hanya kedokteran saja, melainkan juga terdapat 15 fakultas dengan bermacam-macam program studi bisa kamu pilih demi mencapai cita-cita gemilang dan profesi impianmu!

Untuk Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK), kamu bisa memilih Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ilmu Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat.

Kedua, ada Rumpun Ilmu Sains dan Teknologi (Sainstek), dimana terdapat Fakultas Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Komputer, dan Farmasi

Terakhir ada Rumpun Ilmu Sosial Humaniora (Soshum). Fakultas seperti Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ilmu Budaya, Hukum, Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Ilmu Administrasi

Beberapa program studi favorit dari masing-masing rumpun antara lain Kedokteran dan Kedokteran Gigi untuk rumpun ilmu kesehatan. Untuk kamu anak IPS (sosial humaniora / soshum) tentunya sudah tidak asing kalau ada saudara atau seniornya yang masuk jurusan Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu Administrasi, Ilmu Politik, dan Hukum yang merupakan beberapa program studi favorit Di rumpun sainstek sendiri, program studi dengan peminat besar di rumpun saintek ini meliputi Teknik Elektro, Ilmu Komputer, dan Teknik Industri.

Nah, untuk tiga rumpun yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah untuk kamu yang ingin mengambil jenjang sarjana (strata satu atau S1), dimana basis pembelajarannya adalah 70% teori dan 30% praktik dengan waktu tempuh 4 (empat) hingga 6 (enam) tahun. Buat kamu yang justru lebih suka praktik langsung di lapangan, kamu bisa masuk ke Fakultas Vokasi, yang merupakan fakultas ke-15 dengan basis pembelajaran 30% teori dan 70% praktik serta waktu tempuh pendidikan yang hanya selama 3 tahun saja.

———————

Untuk adik-adik SMA yang masih bingung, sebenarnya ada berapa jalur sih untuk masuk UI ? Eitss.. masuk jadi mahasiswa loh  ya, bukan masuk  ke area kampus lalu parkir doang, hehehe.

Kamu  bisa simak penjelasan dibawah ini.

 

A. Jalur Tanpa TES

  1. SNMPTN

Ayo kerja keras selama SMA mulai dari semester 1-5 sehingga nilai kamu baik dan semakin baik di setiap semesternya ! Sistem SNMPTN akan menggunakan nilai semester 1-5 untuk mata pelajaran yang akan di UN-kan kayak matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dst.

Setiap sekolah sesuai akreditasinya akan membuat peringkat dalam satu angkatan siapakah siswa/i terbaiknya yang memiliki kesempatan mengikuti SNMPTN. Buat kamu yang nggak pengen diterima di universitas negeri dengan ikut tes dan harus berjibaku ngalahin pesaing ratusan ribu orang se-Indonesia hanya dalam 1 hari, wajib banget rajin setiap hari di kelas sehingga nilai  di rapor kamu memuaskan. Program studi yang bisa dipilih  adalah S1 Reguler dengan biaya yang paling terjangkau dan seluruh program studi menyediakan bangku untuk jalur ini.

  1. PPKB

Jalur ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari SNMPTN, tetapi ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin masuk S1 Paralel  dan D3 Vokasi dengan pesaing yang tidak terlalu banyak. Jalur ini murni diberikan UI kepada beberapa SMA yang sudah ada dilist UI sehingga tidak semua sekolah dapat mengikuti selayaknya SNMPTN. Untuk kamu yang punya prestasi diluar sekolah baik itu ekstrakulikuler atau kejuaran lomba jangan lupa dilampirkan saat mendaftar jalur ini ya! Di tingkat SMA pun akan diseleksi oleh Guru BK dengan melihat nilai rapormu, jadi nilaimu juga mesti baik pula.

  1. Talent Scouting

Kamu mau menjalani perkuliahan full english baik listening, writing, reading dan pastinya speaking? Nah, pas buat kamu mencoba jalur masuk Talent Scouting ini. Dengan mendaftar program ini, kamu otomatis akan dimasukkan ke dalam Kelas Internasional yang memungkinkan kamu meningkatkan kemampuan bahasa asing supaya cas cis cus deh !  UI mengundang beberapa sekolah terbaik untuk dapat mengirimkan siswa/inya mengikuti jalur ini dengan tak lupa melampirkan sertifikat bahasa baik IELTS maupun TOEFL ITP/IBT.

Terdapat 2 pilihan saat kamu menjadi mahasiswa kelas internasional,

(1) Program Double Degree.

Disini kamu bakalan dapet 2 (dua) gelar sarjana, loh. Kok bisa ? Ini karena selama 2 (dua) tahun kamu akan menempuh pendidikan di UI dan 2 tahun lagi di universitas luar negeri yang menjadi mitra UI,

(2) Program Single Degree

Untuk program ini sama seperti perkuliahan di tingkat lainnya. Kamu hanya akan mendapat satu gelar sarjana saja, yaitu dari UI. Bedanya adalah kuliah pada program single degree ini kamu akan menggunakan pengantar full english.

B. Jalur dengan TES

SBMPTN

Seleksi yang diselenggarakan oleh panitia pusat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terdiri dari 2 pilihan pengerjaan soal tes yaitu ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper-Based Test) atau menggunakan komputer (Computer-Based Test). Dari Sabang sampai Merauke, siswa/i SMA diperbolehkan mengikuti ujian ini dan memilih 3 jurusan dari 2 perguruan tinggi negeri pilihannya. Jika kamu memilih UI dan lulus pada jalur ini, kamu akan menjadi mahasiwa/i S1 Reguler.

Tipe soal yang diujikan tidak sama seperti Ujian Nasional pada umumnya yang hanya pilihan a/b/c/d/e saja. Kamu juga diharuskan dapat melihat hubungan korelasi dalam sebuah tipe soal sebab akibat dan yang terakhir adalah menentukan pilihan opsi yang benar yang bisa saja lebih dari 1 jawaban benar pada tipe soal 1,2,3,4.

 

SIMAK UI

Ada 4 (empat) tipe program yang dapat kamu ambil dalam tes SIMAK UI, antara lain program reguler, paralel, internasional, dan vokasi. Namun, pada tahun 2018 ini, program reguler ditiadakan sehingga hanya tersisa paralel, internasional, dan vokasi saja.

A. Paralel-Vokasi

Seleksi yang diselenggarakan setelah SBMPTN ini merupakan Ujian Tulis resmi yang dikeluarkan oleh UI sebagai Ujian Mandiri. Program studi yang bisa dipilih adalah S1 Paralel dan  D3 Vokasi. Tipe soal yang diujikan serupa seperti SBMPTN.

B. SIMAK UI International

Ujian masuk UI yang terakhir adalah SIMAK UI Internasional, sudah jelas dari namanya saja ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin masuk S1 kelas internasional yang cas cis cus pake Bahasa Inggris. Tipe soal sama dengan SIMAK UI namun tersajikan dalam bahasa Inggris.

Memang program studi yang ditawarkan untuk Program Internasional ini tidak sebanyak Program Reguler / Paralel / Vokasi. Misalnya, untuk rumpun ilmu soshum, kamu bisa pilih Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Psikologi. Untuk rumpun ilmu kesehatan kamu bisa pilih kedokteran. Untuk sainstek kamu bisa pilih teknik sipil, ilmu komputer, dan lainnya.

Minimal score sertifikat bahasa inggris yang wajib dilampirkan seperti TOEFL ITP adalah 550, IBT adalah 61 dan IELTS adalah 5.5.

________________________________

Setelah membaca artikel di atas, sudah siap untuk diterima di UI ?

Tentunya memang tidak mudah untuk diterima di universitas bergengsi macam UI ini karena di samping membutuhkan kerja keras, kamu harus membuat program belajar yang jelas agar tujuanmu menjadi semakin terarah, sekaligus keinginan menjadi mahasiswa/i UI tidak hanya mimpi belaka

 

Kamu membutuhkan bimbingan untuk mencapai nilai rapor gemilang setiap semesternya dan untuk mempersiapkan diri untuk mengikuti tes SBMPTN/SIMAK UI ? Privat Masuk PTN siap untuk membantu mewujudkan impian kamu. Hubungi contact person dibawah via telepon, sms, atau whatsapp atau kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk langsung menghubungi kami via Whatsapp

3 thoughts on “Ingin diterima di Universitas Indonesia (UI) ? Kenali dulu kampus dan cara masuknya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *