Uncategorized

Ini Dia Beda SNMPTN dan SBMPTN

Ini Dia Beda SNMPTN dan SBMPTN !

 

Ini Dia Beda SNMPTN dan SBMPTN

Ini Dia Beda SNMPTN dan SBMPTN

Keduanya tampak sama, cuma beda satu huruf aja. Terus apa beda SNMPTN dan SBMPTN ? Yuk disimak !

 

SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

Jalur SNMPTN ialah kesempatan yang dapat siswa/i SMA/MA dapatkan dengan mengunakan nilai dari semester 1-5 di sekolah. Akreditasi sekolah juga merupakan bagian yang menjadi pertimbangan dalam mengikuti jalur masuk non tes ini. Bersumber pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) akan nampak peringkat paralel siswa di setiap sekolah.

Tidak ada biaya yang dibebankan kepada siswa yang mengikuti SNMPTN, alias gratis.  Siswa dapat memilih 3 jurusan dalam 2 universitas yang berbeda. Siswa seperti diberikan “UNDANGAN” untuk dapat melanjutkan pendidikan ke PTN, tetapi tidak semua yang mengikuti jalur ini akan diterima loh ya guys!. Tetap akan disaring dari Sabang-Merauke .

Sebagai acuan saja, di tahun 2018 ini, pendaftaran SNMPTN dimulai sejak 21 Februari sampai 6 Maret 2018. Pengumuman lolos atau tidaknya siswa/i yang mengikuti SNMPTN ini diumumkan pada 17 April 2018, yaitu setelah adik-adik SMA/MA mengikuti UNBK. Jangan sampai terlalu paranoid yang memikirkan akan lolos atau  tidak ya di Jalur SNMPTN, kalau rezeki ga kemana dan tetap jangan lupakan belajar untuk UASBN, UNBK, SBMPTN, dan Ujian Mandiri Masuk PTN 2019 mendatang!

 

SBMPTN

Jalur SBMPTN ialah seleksi tulis yang dapat diikuti oleh seluruh siswa/i SMA/MA/SMK yang lulus pada tahun tersebut dan 2 tahun sebelumnya. Maksudnya? Sebagai contohnya, peserta yang boleh mengikuti SBMPTN 2019 adalah siswa/i yang akan lulus di tahun 2019, angkatan 2018 dan 2017. Seleksi ini terdiri dari 3 metode :

  1. Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC)
  2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan
  3. Kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang prodi/jurusan pilihannya mengharuskan menunjukkan bukti ketrampilan yang dimilikinya. Misalnya, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB selain ikut ujian tulis, kamu harus ikut ujian keterampilan juga.

Bagi kamu yang memiliki nilai rapor tidak terlalu fantastis, tidak perlu khawatir diterima karena nilai yang “B” saja. Ini karena pada jalur ini, prestasi selama sekolah dan hasil nilai Un tidak dijadikan acuan apakah kamu akan lolos/tidak. Hanya 1 hal penting yang harus dimiliki ialah ijazah yang menyartakan kamu lulus dari SMA/MA/SMK atau Paket C. Kamu harus menyiapkan biaya Rp200.000 ya untuk pendaftaran jalur SBMPTN .

Untuk kamu yang anak IPA, bisa saja tetap fokus untuk mengambil jurusan di perkuliahan nanti di bidang SAINTEK. Namun jika ingin “nyebrang” ke bidang IPS atau SOSHUM pun diperbolehkan. Itulah yang namanya jalur IPC dimana siswa mengikuti 2 tes IPA dan IPS dalam 1 hari tersebut. Sama seperti SNMPTN, kamu dapat memilih 3 jurusan dalam 2 PTN yang diinginkan.

 


Nah sekarang sudah tahu kan beda SNMPTN dan SBMPTN ? Nggak cuma beda 2 huruf aja, tapi masuknya juga beda yah guys 🙂

Kamu masih bingung dengan persiapan untuk menghadapi ujian SBMPTN ? Jangan khawatir ! Kami dari Privat Masuk PTN siap membantu kamu dalam persiapannya. Kamu bisa konsultasi mengenai jurusan, kehidupan kampus, strategi belajar, dsb apabila kamu mengikuti program belajar persiapan masuk PTN dari kami.

Lebih lanjut, pada bulan September ini, kami juga ada promo diskon belajar hingga 20% lho ! Ayo segera bergabung bersama kami ! Silakan kontak CP kami yang tertera di bawah ini. Admin kami akan senantiasa membantu apa kebutuhanmu 🙂

 

 

Related Keywords :
Beda SNMPTN dan SBMPTN, Les Privat SBMPTN, les privat sbmptn jakarta, bimbel masuk ui di depok, les privat simak ui jakarta, les privat masuk ptn jakarta, les supercamp sbmptn masuk ui, les privat jakarta murah, les bahasa inggris murah jakarta, bimbel privat terjangkau jakarta, les privat toefl jakarta, bimbel smp, les privat sma, privat masuk ptn, les persiapan sbmptn 2019, les toefl jakarta, privat bahasa inggris jakarta