Uncategorized

Lulus Ujian PTN 2019 ? Simak Tips Jitunya

tag : Lulus Ujian PTN 2019

 

Lulus Ujian PTN ? Simak Tips Jitunya !

Lulus Ujian PTN 2019

Halo sahabat Privat Masuk PTN !. Memasuki 3 bulan menuju akhir tahun sepertinya nggak kerasa ya tahun 2019 akan berada di depan mata sebentar lagi. Di tahun 2019 nanti, kita-kita yang siswa SMA kelas 12 bakal ngadepin banyak banget ujian. Mulai dari UTS, UAS, Ujian Nasional, Ujian Praktik, sampe ujian masuk perguruan tinggi.

“Tapi tunggu dulu kak. Bukannya ada jalur undangan ya ?”

(Benar) ada jalur undangan.

Pertanyaannya : apakah kamu yakin dengan hasil SNMPTN undangan itu ?. Atau kamu merasa dirimu udah pasti bakalan lolos di SNMPTN itu ?

Nah kami mau memberi tahu nih kalau ternyata berharap sama hasil SNMPTN itu ibarat kamu berjudi. Kalau kamu beruntung, kamu bisa senang mabuk kepayang. Nah gimana kalau nggak lulus ujian ptn nya ? Kamu mesti siap-siap menghadapi jalur ujian tertulis atau SBMPTN. Sepengalaman kami yang sering menangani anak-anak SMA kelas 12 ini, ketika mereka nggak dapet SNMPTN mereka galau. Mereka nggak siap buat menghadapi kenyataan. Ujung-ujungnya, mereka stress dan berdampak sama performa mereka dalam menghadapi ujian tertulisnya (SBMPTN).

Singkatnya, entah kamu dapet jatah kursi di SNMPTN atau tidak, kamu harus tetap mempersiapkan diri buat ngadepin ujian tertulisnya (SBMPTN). Terus gimana caranya agar bisa lulus di SBMPTN ? Nah simak tips jitu dari kami agar kamu bisa lulus ujian PTN di tahun 2019 nanti.

 

  1. Kenali Potensi Dirimu

Lulus Ujian PTN

Tips pertama ini sangat penting untuk dipahami oleh kamu yang berada di SMA kelas 12. Lulus ujian PTN bukan hanya sekadar belajar saja, tapi kamu juga harus memahami bagaimana dirimu. Pahami keadaan mana yang justru membuat kamu nggak nyaman dan keadaan yang bikin kamu enjoy meski kamu harus menguras tenagamu.

Ingat guys, setiap manusia dilahirkan dengan kehebatannya masing-masing. Misalnya, kamu lebih suka berkomunikasi dengan orang lain serta tidak begitu oke jika berjumpa angka-angka banyak terlebih lagi harus menghitung dengan rumus-rumus.  Nah untuk hal ini sebaiknya kamu pilihlah jurusan yang berkecimpung secara sosial, karena kemampuanmu adalah verbal bukanlah numerikal . Jadi, peluang kamu lulus ujian PTN menjadi lebih besar karena kamu kelak akan menjalani pilihanmu apabila lulus nanti.

Jangan mentang-mentang teman-teman banyak pilih jurusan X, kamu malah ikut-ikutan mereka. Semuanya dikembalikan lagi kepada dirimu, apakah kamu tahan menjalaninya ?

 

2. Rutin Mengerjakan Soal SBMPTN dan Ujian Mandiri

Lulus Ujian PTN

(Gambar II : Postingan soal Ekonomi dari Instagram Privat Masuk PTN)

Tips kedua : tentu saja kamu harus belajar mengerjakan soal-soal SBMPTN agar lulus ujian PTN.

Soal-soal SBMPTN berbeda dengan soal di SMA. Contohnya di jurusan sosial humaniora (soshum) kamu akan menemukan pelajaran Ekonomi. Pelajaran ekonomi yang diujikan di soal SBMPTN tentu tidak diambil dari buku SMA, melainkan dari buku Pengantar Ilmu Ekonomi semester I perkuliahan. Ini juga berlaku untuk pelajaran lainnya. Dengan mengetahui tipe soal, materi soal, hingga bagaimana menjawabnya, persentase kelulusan kamu untuk lulus ujian PTN akan semakin besar. Kalau kamu bingung soal-soal dan tips mengerjakannya bagaimana, kamu bisa cek Instagram Privat Masuk PTN. Disitu, kamu akan dapat banyak soal dan pembahasan materinya 🙂

Tambahan lagi. Setelah kamu tentukan jurusan dan universitas/institut impianmu apa, cari tau berapa Nilai Nasional batas aman / keketatan jurusan yang kamu ingin masuki.  Ini agar dari jauh hari, kamu dapat susun strategi bagaimana mendapatkan poin minimal agar dapat diterima di jurusan tersebut. Intinya kamu harus belajar konsisten dan terjadwal. Ingat guys, “PRACTICE memang MAKES PERFECT” , namun “PERFECT PRACTICE WILL MAKE YOU MORE PERFECT.”

3. Jangan ngoyo Belajar Mendekati Ujian

Lulus Ujian PTN

Apa sih kak maksud dari ngoyo ?

Ini maksudnya : ketika sudah mendekati hari-H tes SBMPTN/Ujian Mandiri masuk PTN, kamu jadi memaksa diri untuk nonstop belajar. Sayang kan sudah belajar banyak materi, tetapi nanti diri kamu tumbang karena sakit dan akhirnya tidak fit menjawab soal-soal yang ada ..

Nah maka dari itu, jangan terapkan sistem kebut semalam ya kalau mau lulus ujian PTN. Belajarmu harus terprogram. Sesuaikan juga dengan jadwal yang kamu miliki. Jangan lupa juga main agar kamu bisa me-refresh otakmu sejenak dari kepusingan yang kamu alami,

 

4. Ingat Selalu Impian Kamu untuk Lulus Ujian PTN tahun 2019

Wajar kalau rasa capek kadang datang menghampiri kamu yang sedang giat-giatnya mempersiapkan amunisi demi menjadi MABA PTN 2019. Namun, janganlah kamu kalah dengan godaan setan tersebut.

Ayo ingat tujuanmu mau terdaftar menjadi mahasiswa/i terbaik di Indonesia. Banggakan sekolah serta orangtua kalau kamu bisa menaklukkan soal SBMPTN/Ujian Masuk PTN

 

5. Jangan lupa berdoa

Lulus Ujian PTN

Jangan remehkan kekuatan doa ya, guys. Jangan sampai kamu jadi manusia yang takabur. Ingat, lulus ujian PTN bukan hanya berasal dari usahamu belajar keras. Doamu akan membatu agar kamu lebih maksimal dalam persiapan maupun mengerjakan soal-soalnya pada hari-H.

Minta juga doa restu orang tuamu agar dimudahkan dan lulus ujian PTN 2019.

 

6. Pantang Menyerah Sampai Dinyatakan Lulus Seleksi Masuk PTN 2019

Lulus Ujian PTN

(dokumentasi Privat Masuk PTN)

Usaha sudah. Berdoa pun tidak pernah lepas. Namun jika Tuhan berkehendak untuk kamu belum saatnya lulus ujian PTN melalui suatu jalur, jangan patah semangat sampai galau mengurung diri di kamar .

Yuk, coba semua jalur masuk PTN baik itu tes maupun tidak tes. Masih banyak Ujian Mandiri sebegai alternatif tes masuk PTN selain dari SBMPTN loh ! Tetap selalu update dengan berita ujian masuk PTN ya guys !

 

 

Nah itu dia tips dari Privat Masuk PTN agar kamu bisa lulus ujian PTN tahun 2019 nanti. Tetap terus pantau artikel-artikel masuk PTN disini ya.

Oh ya, di bulan Oktober ini, Privat Masuk PTN lagi ada promo loh guys. Bagi kamu yang ingin mengikuti program les seperti Persiapan Lulus Ujian Masuk PTN 2019 , Les Privat SMA, Sukses UN SMP 2019, persiapan TOEFL, dan program lainnya, kamu bisa dapat gratis belajar hingga 10 sesi !. Jangan sampai ketinggalan dengan promonya ya guys.  Lebih lanjut kamu dapat cek info promonya disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *