Uncategorized

Mengenal Jalur Masuk Institut Teknologi Bandung (ITB)

Mengenal Jalur Masuk Institut Teknologi Bandung (ITB)

 

Mengenal Jalur Masuk Institut Teknologi Bandung (ITB)

Setelah membaca postingan tentang Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebelumnya, kali ini admin mau share lagi nih universitas lainnya.  Eitss, kali ini bukan universitas, tapi institut. Ya, kamu pasti tahu dengan nama Institut Teknologi Bandung atau dikenal dengan nama ITB. kan ? Meski menyanding nama sebagai institut, ITB yang berlokasi di Bandung ini (jelas lah ya…) juga merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Nggak main-main, menurut data dari QS University Rankings tahun 2018 , ITB menempati peringkat ke-65 se-Asia dan  peringkat 331 dunia.

Jika kamu nantinya diterima di kampus ini, kamu tidak akan langsung terdaftar menjadi mahasiswa di suatu program studi saat tahun awal masuk karena akan dilihat terlebih dahulu satu tahun pertama bakat minat serta nilaimu bagus di jurusan apa. Program studi baru akan dipilih setelah mahasiswa menjalani kuliah dasar di tiap fakultas. Semua program studi yang ada di ITB bergelar Sarjana (S1), S2, dan Doktor sehingga ITB tidak menyediakan pendidikan vokasional (D3).

Kampus ini memiliki gedung perkuliahan di daerah Ganesa Bandung, Jatinangor, dan Cirebon. Sekilas dari nama sepertinya hanya untuk anak IPA ya hmm..  teknologi, nyatanya tidak guys! ITB menawarkan program studi dari rumpun Saintek dengan banyaknya pilihan fakultas teknik, Soshum dengan Sekolah Bisnis dan Manajemennya (SBM), dan adapula jurusan keterampilan yang lebih hits dengan seni rupa yaitu Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Buat yang masih menerka-nerka apa saja jalur tes dan non tes yang tersedia supaya lolos menjadi mahasiswa/i ITB, ini dia guys jalur yang tersedia.

 

SNMPTN

Jalur tanpa tes alias kamu tidak perlu jumpa soal-soal dan menjawabnya untuk bisa lolos seleksi dan menjadi mahasiswa/i ITB, inilah dia SNMPTN. Kamu dapat memilih maksimal 3 prodi (maksimal 2 program studi di kampus ITB, dan 1 program studi di kampus lain). Untuk tahun ini kuota yang disediakan dari jalur SNMPTN adalah 60%. Wah tinggi juga ya!.

Yang diperlukan untuk mengikuti seleksi ini apa dong  kak? So pasti nilai rapor kamu dari semester 1 sampai 5 dengan nilai yang gemilang. Ada syarat khusus untuk yang berminat mendaftar di Fakultas Seni Rupa dan Desain. Di samping melampirkan nilai rapor dari semester 1 sampai 5, kamu melampirkan portofolio gambar terbaikmu.

 

SBMPTN

Tidak perlu sedih untuk kamu yang tidak berkesempatan mengikuti SNMPTN atau tidak lolos SNMPTN, kamu harus berjuang sekuat-kuatnya di jalur SBMPTN. Jalur ini diselenggarakan oleh panitia pusat sehingga kamu bisa memilih fakultas di kampus Itn karena ITB adalah salah satu dari PTN di Indonesia. Sekilas info ya guys, tahun lalu yang lolos ke rumpun Sintek di ITB itu nilainya tertinggi se-Indonesia. Wow!

Tidak ketinggalan disusul oleh rumpun Soshum berada di rangking 3 se-Indonesia. Eits.. teruntuk kamu yang bercita-cita masuk FSRD jangan lupa ada Ujian Keterampilannya ya. Sama dengan SNMPTN, peserta SBMPTN dapat memilih maksimal 3 program studi dari 2 kampus berbeda.

 

Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN) ITB

Jalur yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menempuh SMA di luar negeri, jadi ya kamu tidak sekolah di dalam negeri melainkan di negara lain. Pada jalur ini, ITB juga membuka pendaftaran di seluruh fakultas.

Oh ya, karena kamu berasal dari sekolah luar negeri, pastinya ijazah yang kamu dapatkan adalah ijazah asli dari sekolah kamu tersebut. ITB mensyaratkan buat kamu untuk melakukan penyetaraan terlebih dahulu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia.

 

ITB Undergraduate International Program

Sama seperti postingan admin sebelumnya, program ini adalah program khusus bagi kamu yang ingin merasakan atmosfer belajar internasional selama kuliah di ITB. Tentu saja Bahasa Inggris menjadi suatu hal yang wajib disini. Kamu butuh sertifikat TOEFL iBT minimum bernilai 61 atau IELTS minimal 5.5 sebagai syarat utama. Syarat lainnya, tentu saja nilai rapor SMA dari semester 1-5, plus kualifikasi akademik internasional yaitu General SAT (bagi kamu yang melamar di periode pertama) atau ITB Academic Qualification Test (ITB AQ Test) bagi kamu yang melamar di periode ke-2 atau ke-3.

Tidak semua program studi yang menyediakan program internasional di ITB. Program yang dibuka antara lain

  • Pharmaceutical Science & Technology
  • Clinical & Community Pharmacy
  • Chemical Engineering
  • Mechanical Engineering
  • Aerospace Engineering (sebelymnya : Aeronautics and Astronautics)
  • Management (jurusan International Business)

_______________________________________

Pada tahun 2018 ini, ITB menyediakan 1636 kursi bagi kamu yang ingin berkuliah di ITB via jalur SBMPTN. Tentunya dengan peminat yang mencapai puluhan ribu, butuh usaha ekstrakeras untuk bisa diterima di ITB via SBMPTN. Apalagi jika kamu ingin masuk ke salah satu program studi favorit di ITB seperti Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, serta Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, kamu harus pastikan kamu mendapat asupan belajar yang baik agar bisa lulus.

Privat Masuk PTN sebagai salah satu bimbingan privat dengan guru dan fasilitas terbaik siap untuk membantu mewujudkan impian kamu untuk diterima di ITB. Hubungi contact person dibawah via telepon, sms, atau whatsapp atau kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk langsung menghubungi kami via Whatsapp. Segera daftar untuk memastikan masa depan terbaik untuk kamu !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *