Uncategorized

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

 Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Gambar : Panitia OSPEK by GenMuda

 

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK! Hati berbunga-bunga dan perasaan bangga terhadap pencapaian usaha diri sendiri diterima di Program Studi Impian + PTN terbaik tengah melanda diri setiap Mahasiswa Baru alias MABA. Tapi guys jangan kelamaan happy. Ingat loh sudah menjadi kewajiban setiap mahasiswa baru tingkat 1 mengikuti OSPEK. Kamu mendengar dari tetangga, kakak di rumah, kakak kelas dulu, sampai searching di internet kalau OSPEK itu menyeramkan? Takut?. Slow aja, cukup dibawa santai tapi serius menjalaninya.

Selintas kita suka berpikir OSPEK itu hanya sebagai ajang “Ngerjain Adek Kelas”. Nyatanya itu adalah salah besar,  guys. OSPEK adalah masa orientasi yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar seperti apa dunia perkuliahan akan berjalan.

Tidak selamanya semua sesi OSPEK kamu menjumpai senior. OSPEK akan diisi pula dari pihak Rektorat Universitas, Pihak Fakultas, dan Pihak Program Studi kamu. Kamu pun berkesempatan bertemu dengan para pembicara yang ahli di bidangnya untuk memberikan bekal bagaimana menjalani perkuliahan yang baik. Jadi, sebelum kita masuk ke tipsnya, kami katakan kalau OSPEK tidak perlu ditakuti, jalani saja sebagai sebuah proses.

Berikut tips dari kami supaya OSPEK menjadi pengalaman yang seru dan kenangan lucu menggembirakan

 

Gak usah Drama

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Ilustrasi drama : iniKpop

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK! . Nggak usah drama disini maksudnya bukan nggak boleh nonton drama Korea ya, guys. Maksud kami disini adalah jangan MANJA !

Ikuti peraturan apa saja yang harus kamu patuhi meliputi perlengkapan OSPEK apa yang harus lengkap. Ini berarti tidak ada alasan kamu tidak bisa membawanya, seperti pakaian apa yang wajib dipakai dan benda apa saja yang dilarang dibawa selama OSPEK. Jika kamu memang lupa membawanya, tidak perlu berbelit-belit saat ditanya senior kenapa bisa tidak membawa benda itu. Jawab secara cepat, tegas, dan lugas langsung kepada intinya. Kamu bisa membuat reminder di hp apa saja yang penting untuk hari OSPEK setiap harinya sehingga meminimalisasi jika ada yang terlupakan.

Untuk wanita, janganlah menggunakan dan membawa makeup semasa OSPEK apalagi yang jelas terlihat alias bold style. Hal itu bertujuan agar kamu tidak ribet sendiri saat badan berkeringat di setiap kegiatan yang dijalanin apalagi meminta izin untuk touch up 

Jika dalam peraturan dilarang membawa benda berharga walaupun itu hp/iPad/Tab, sudahlah patuhi saja. Kalaupun diizinkan membawa, harap dalam kondisi silent. Hal itu bertujuan untuk melatih kamu disiplin dan fokus dalam menerima materi di setiap kegiatan yang ada dan tidak sibuk sendiri main hp.

Baca juga : Apa Sih Perbedaan Drastis Antara Dunia SMA dan Perkuliahan?

Saat senior berkata janganlah membawa kendaraan pribadi saat OSPEK, hal itu mungkin terdengar menyebalkan diawal. Namun, cobalah berpikir positif ada hal yang  bisa diambil dan pastinya memudahkan kamu sendiri sebagai mahasiswa baru. Contohnya yaitu tidak akan ada penumpukan kendaraan baik saat mengantar kamu menuju fakultas maupun menuju rumah untuk pulang.

 

On Time Guys!

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Gambar : Get to work on time by Fire Up Today

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK! . Saat OSPEK kamu tidak perlu kaget kalau diminta datang saat pagi hari. Misalnya jam 06.00 sudah siap di lapangan sebelum memulai kegiatan OSPEK di hari itu. Tidak begitu berbeda dengan zaman SMA yang jam masuk sekolahnya antara jam 06.30 sampai 07.00.

Yang mungkin akan terasa berbeda adalah bagi kamu yang kuliah jauh dari lokasi rumah. Kamu harus mandiri bangun pagi dan menyiapkan segala perlengkapan ospek. Selama jadwal OSPEK, kamu bisa memajukan jam di hp dan lebihkan 20 menit untuk berjaga-jaga masih ada waktu tersisa sebelum nanti telat dan dimarahi.

 

5S ! 

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Senyum, Sapa, Sapa, Sopan, Santun, Salam ! . Itulah 5 S yag tidak boleh terlupa diberbagai kondisi yang kamu hadapi. Mau senang sampai kesal dan sudah sangat lelah pun kamu harus selalu terapkan hal itu.

Lakukan itu dimanapun kamu berada tidak sekadar saat OSPEK berlangsung, seperti berjumpa dengan senior di OSPEK, dosen, atau pembicara saat seminar di OSPEK, serta kepada teman sesama mahasiswa baru.

Banyak manfaat yang dapat kamu raih. Misalnya kamu akan mudah mendapat teman karena orang lain merasa kamu adalah orang yang hangat dan baik dalam berkawan. Kamu dapat pula menjalin relasi ke berbagai macam karakteristik orang sehingga menambah jaringan pertemanan kamu.

 

Sabar, Positive Thinking Ya

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Gambar : Think Positive by Success Consciousness

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK! . Walaupun di hati gondok kesal, badan capek remuk, dan kepala terasa pusing, marilah bersabar dan nikmatilah segala prosesnya. Percayalah jika kamu melewatinya dengan pikiran yang tenang, selalu berpikir baik maka semuanya akan berjalan dengan indah. hehehe…

Baca juga : Penting Dilakukan untuk Kamu yang Sudah Kelas 12 SMA !

Senior melakukan berbagai tindakan yang membuatmu merasa tertekan dan sangat lelah sebenarnya memiliki tujuan mulia loh. Itu semua untuk memberikanmu bekal serta gambaran kalau dunia perkuliahan tidak sesantai apa yang dibayangkan anak SMA. Banyak rintangan yang akan kamu hadapi seperti saat mau mengumpulkan tugas sampai skripsi ke dosen, kerja kelompok dimana, sampai menyesuaikan jadwal dengan banyak orang.

 

Fokus. Tapi Jangan Lupain Teman Seangkatanmu

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK!

Gambar : Kegiatan mahasiswa by Depok Pos

Persiapkan Dirimu Menghadapi OSPEK! . Saat ditanya apapun oleh senior baik pertanyaan yang ditujukkan secara random untuk individu maupun  kelompok, harus kompak dijawab bersamaan oleh 1 angkatan. Kamu harus fokus apa pertanyaannya dan harus dijawab apa. Semua temanmu juga capek kok, tidak hanya kamu saja yang lelah. Jangan jadikan lelah tersebut sebagai alasan untuk tidak fokus atau malas-malasan ya 🙂

Ingatlah arti kebersamaan, sehati sepenanggungan hehe..

Kalau ada yang tertinggal saat mobilisasi perpindahan lokasi OSPEK, segera laporkan ke senior yang mengawasi, Jangan hanya ego diri sendiri ingin segera cepat sampai saja kamu melupakan teman yang berada di barisan belakang. Jika ada temanmu yang terlihat sakit dan kemungkinan esok hari ia tidak akan hadir OSPEK, kamu dan teman seangkatan wajib mengetahui keadaanya sehingga saat esok hari ditanya senior kemanakah temanmu itu tidak hadir kamu sudah tau kabarnya. Hal itu dapat memupuk rasa solidaritas antar teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *